TIPS MAHASISWA BARU MUDAH BERADAPTASI DI KAMPUS PART 2

Mahasiswa

Ini merupakan lanjutan dari TIPS MAHASISWA BARU MUDAH BERADAPTASI DI KAMPUS PART 2 :

    7. Pertemanan

    Kamu perlu kembali memahami bahwa jaringan sosial sangat penting dan menjadi aset yang sangat berharga. Sebenarnya, bahkan sebelum masuk kuliah pun, kamu sudah memilikinya. Per luas lah jaringan sosial baru kamu yang ada di kampus. Sembari memelihara jaringan anda sebelumnya. Membangun sosial networking baru, dapat dilakukan dengan masuk organisasi yang relevan dengan disiplin ilmu, daerah asal atau bahkan sesuai dengan arah dan pandangan politik, ideologi, atau apa saja. Kamu pasti akan sangat membutuhkan jaringan sosial cepat atau lambat.

    8. Ikut Organisasi

    Setidaknya jadilah anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), begitu kamu diterima sebagai mahasiswa, bersegeralah untuk bergabung menjadi anggota HMJ. Agar kamu bisa menjaring informasi terkait hal hal praktis pada disiplin ilmu anda atau wawasan lain tentang prospek masa depannya. Selagi muda, aktiflah untuk berorganisasi, perluas jaringan sosial kamu, tambah pengetahuan dan perbanyak informasi melalui berbagai diskusi dan beragam forum kajian lainnya. Pengalaman belajar tersebut akan sangat berguna dan bermanfaat untuk masa depan kamu nantinya.

    9. Teman Belajar

    Selain mencari teman, carilah seorang mentor yang dapat menjadi tempat kamu bertanya tentang hal hal berkaitan dengan perkuliahan, organisasi, dan prospek karir masa depan. Kakak tingkat sesama jurusan atau senior organisasi bisa menjadi pilihan kamu. Dan dari mereka lah kamu dapat mengali berbagai hal terkait belajar, tugas, mencari literatur, wawasan gerakan, isu isu politik dan kebijakan kampus, hingga hal hal supersif yang biasanya tidak dikomsumsi mahasiswa "biasa", pelajarilah dari mereka, jika kamu serius, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi saudara, kawan, atau junior yang mereka dapat handalkan.

    10. Terus Belajar

    Membaca itu perlu untuk kamu, dan tulis yang sudah kamu baca, itu sangat kamu perlukan. Tambah terus pengetahuan kamu dengan berbagai cara. Informasi ada dimana saja, melalui siapa saja, serta bisa diperoleh kapan saja. Jangan sekali sekali pelit untuk membeli buku dan meluangkan waktu untuk rajin membaca, menulis, mengamati, berdiskusi, dan bertanya tentang sesuatu. Sebaiknya kamu tidak lupa juga untuk terus menjelajahi semua situs internet sebagai sumber informasi dan menambah wawasan kamu, selain itu rutin juga lah ke perpustakaan.

    11. Harus Aktif

    Sebaiknya kamu tidak selalu harus menunggu tentang apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Kamu sendiri yang harus inisiatif dan mencari tahu semua hal hal yang perlu kamu pahami. Minta dan tanyakan ke dosen, kakak tingkat sesama jurusan, senior di organisasi atau kawan sejawat tentang urusan akademik maupun non akademik.

    12. Jangan Manja !!!

    Terakhir, hal lain yang sebaiknya kamu lakukan saat masuk perguruan tinggi dan menjadi mahasiswa adalah mengubah sikap. Kampus perguruan tinggi bukanlah lagi sekolah, tempat dimana kamu selalu merasakan kehangatan pertemanan yang diwarnai ketulusan, bukan juga keluarga sebagai tempat berlindung dari kesedihan, atau tempat yang penuh limpahan kasih sayang yang selalu memaklumi dan memaafkan setiap kecerobohan kamu. Karena kampus bukanlah tempat untuk mereka yang manja, tapi untuk mereka yang bermental baja. Hidup Mahasiswa !!!

    Inilah Tips yang kamu dapat terapkan selama kamu menjadi dan mahasiswa, semoga melalui perkuliahan, kamu dapat menuai kesuksesan dan mengapai cita cita.. Aamiin...

    

Belum ada Komentar untuk "TIPS MAHASISWA BARU MUDAH BERADAPTASI DI KAMPUS PART 2"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel